Kamis, 25 Oktober 2018

CARA MEMBUAT SULING BAMBU

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas dibatangnya.Karena cara yang mudah untuk menanam bambu,maka bambu sering dimanfaatkan orang untuk membuat kerajinan.Contoh kerajinan dari bambu adalah Suling.Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu.Nah,bagi anda yang penasaran cara membuatnya,simak tutorial berikut ini.

Bahan-bahan                               
  • Bambu
Alat-alat
    Hasil gambar untuk suling bambu
  • Pelobang/bor
  • Gergaji
  • Pensil
  • Penggaris
  • Pisau
  • Pita meteran
  • Busa
  • Besi
  • Amplas
Cara Membuat :)
  1. Berdoa.
  2. Menentukan pencarian bambu,bambu yang digunakan sebaiknya bambu yang sudah kering atau tipis.
  3. Tentukan ukuran panjang suling.
  4. Setelah bambu dipotong oleh gergaji,tentukan titik peniupannya tandai dengan pensil,titik peniupannya kira kira 7cm dari ujung bambu.  
  5. Ukur besar lingkar bambu menggunakan Pita Meteran.Anggap saja 6cm
  6. Letakkan pita meteran dari titik peniup sepanjang dua kali lipat ukuran besar lingkar bambu.Jika dalam tutorial ini ukuran lingkar bambu 6cm,maka anda harus menandai sebuah titik pada ukuran 12 cm dari titik peniupannya.Tirik yang ditandai tersebut adalah titik yang nantinyya menjadi lubang pertama.
  7. Buat 6 titik dengan jarak  sepertiga dari ukuran lingkar bambu tersebut.Maka,jika ukuran lingkar bambu adalah 6 cm,maka anda harus membuat jarak sepertiganya atau sepanjang 2 cm dari titik untuk lubang pertama ke titik untuk lubang kedua,dari titik untuk lubang kedua ke titik lubang ketiga,dst
  8. Titik yang sudah ditandai menggunakan pensil lubangi dengan bor.Lubang peniup harus lebih besar dari lubang lainnya.Lubang tersebut pastinya tidak rapi,maka untuk merapikannya adalah membakar besi dan menempelkannya pada lubang  yang telah dibuat .Dengan sentuhan artistrik,maka lubang akan rapih.
  9. Buatlah lingkaran dari busa sebesar lingkaran bambu.masukkan busa tersebut dengan jarak kurang lebih 2 cm dari jarak lubang peniup.
  10. Haluskan suling dengan amplas agar tangan dan mulut tidak terluka saat memainkannya.Suling bambu siap dimainkan!
Langkah selanjutnya adalah Baca Hamdalah :)   


Thanks Bro Bro Baca Make Hate Ameh Ngarti :) Peace                                               

1 komentar:

CARA MEMBUAT SULING BAMBU

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas dibatangnya.Karena cara yang mudah untuk menanam bambu,maka bambu sering d...